Kapolres Asahan Bersama Forkopimda Hadiri Musyawarah RKPD Kabupaten Asahan 2023

Kapolres Asahan bersama Forkopimda Hadiri Musyawarah RKPD Kabupaten Asahan 2023

topmetro.news –  Asahan AKBP Putu Yudha Prawira SIK MH bersama Forkopimda Kabupaten Asahan menghadiri musyawarah perencanaan pembangunan (RKPD) Kabupaten Asahan tahun 2023, di Aula Melati kantor Bupati Asahan Jalan Jend Sudirman Kelurahan Mekar Baru, Kecamatan Kota Kisaran Barat, Kabupaten Asahan, pada Kamis (17/3/2022).

RKPD Kabupaten Asahan tahun 2023 ini bertemakan ‘Kolaborasi perencanaan pembangunan Daerah kita sukseskan 10 program prioritas guna mewujudkan Masyarakat Asahan Sejahtra yang Religius dan Berkarakter’.

Mewakili Gubernur Sumut, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan pembangunan, Aset dan SDA Provinsi Sumatera Utara H. Agus Tripriyono SE M.Si AK,CK dalam sambutannya mengatakan Pemerintah mempunyai kedudukan peran dan fungsi yang sangat penting dalam penyelenggaraan pemerintah daerah atau beberapa hal yang perlu disampaikan secara substansial ini merupakan penjabaran dari visi misi dan program kerja kepala daerah yang telah ditetapkan.

“Secara operasional peningkatan kinerja pelayanan Masyarakat yang menjadi tanggung jawab kepala organisasi perangkat daerah (OPD) dalam melaksanakan tugas dan fungsi yang akan ditetapkan dalam rencana kerja Perangkat Daerah masing-masing,” kata H. Agus Tripriyono.

H. Agus Tripriyono menyebutkan penyusunan RKPD perlu dilakukan dengan penguatan pelaksanaan strategi dan kebijakan kolaborasi perencanaan pembangunan daerah gagasan 3 sp melalui upaya pembangunan sukses perencanaan sukses pelaksanaan dan sukses pencapaian serta penerapan motif follow program prioritas.

Sehingga kebijakan penganggaran yang dilakukan berbasis pada program prioritas provinsi/kabupaten/Kota dan Nasional penguatan tersebut dilaksanakan dengan pendekatan tematik holistik integratif dan spesial yang memasyarakatkan sinergitas dan pembagian tugas yang jelas dalam menjalankan suatu program demikian beberapa peran pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Harapannya

“Pada penyusunan RKPD Kabupaten Asahan tahun 2003 ini diharapkan dapat bermanfaat dalam perumusan Prioritas pembangunan dan program prioritas yang akan dilakukan pemerintah Kabupaten Asahan semoga melalui penyelenggaraan musrenbang ini program dan kegiatan yang kita rumuskan dapat lebih konstruktif dalam rangka mengatasi berbagai permasalahan yang sedang kita hadapi saat ini guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat menuju Sumatera Utara yang maju aman dan martabat,” jelasnya.

Sementara Bupati Asahan H.Surya B.Sc. dalam bimbingan dan arahannya menyampaikan Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Asahan secara pribadi dirinya mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bapak/Ibu Saudara serta hadirin sekalian pada acara musrenbang rencana kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Asahan Tahun 2023 sebagai salah satu tahapan dalam penyusunan rencana RKPD Kabupaten Asahan Tahun 2023.

“Kegiatan Musrenbang Tahun ini merupakan tahun kedua rencana pembangunan jangka menengah Daerah atau RPJMD Kabupaten Asahan Tahun 2021-2026. Di mana pada Tahun 2023 Pemerintah Kabupaten Asahan telah menetapkan 7 isu-isu strategis. Seperti Infrastruktur kuat reformasi dan digitalisasi birokrasi peningkatan ekonomi Mandiri, peningkatan kondusifitas Daerah dan percepatan Penanganan dan pemulihan dampak ekonomi Covid- 19,”ujar Bupati Asahan H.Surya B.Sc.

Di samping itu pada Tahun 2023, Bupati Asahan mengatakan dituntut untuk mendukung program prioritas Nasional yaitu percepatan penurunan stunting.

“Untuk mencapai program Prioritas pembangunan tersebut kita harus mengoptimalkan seluruh sumber daya yang ada dan saling berkolaborasi. Sebagai contoh dalam mewujudkan program prioritas digitalisasi birokrasi, dibutuhkan kolaborasi beberapa OPD terkait. Seperti Dinas komunikasi dan Informatika Dinas kependudukan dan pencatatan Sipil Dinas penanaman modal dan pelayanan perizinan satu pintu dan Badan Kepegawaian,” katanya.

Bupati Asahan mengingatkan bahwa untuk pencapaian program prioritas kebutuhan dasar yang dibutuhkan regulasi sebagai dasar hukum. Misalnya untuk bantuan beasiswa miskin berprestasi, perlu diatur mekanisme kriteria penerima.

Tingkatkan Kondusifitas

“Kepada seluruh kepala OPD untuk konsisten dalam mempedomani program prioritas yang sudah ditetapkan dalam RPJMD Tahun 2021-2026. Demikian juga kepada para Camat. Saya harap dapat meningkatkan kondusifitas di wilayah masing-masing sebagai modal dasar kita untuk melaksanakan pembangunan,” ucapnya.

Bupati Asahan juga mengharapkan kedepannya penyaluran CSR yang merupakan kewajiban para pengusaha dan perusahaan swasta kiranya dapat mendukung dan menyukseskan program prioritas Pembangunan Daerah Kabupaten Asahan yang telah ditetapkan menjadi peraturan Daerah.

“Diakhir bimbingan dan arahannya saya ini, marilah kita semua  mematuhi prokes. Serta ikut berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan vaksinasi di wilayah masing-masing. Untuk menekan penyebaran virus Covid- 19 di Kab Asahan,” tutup H. Surya B.Sc.

Hadir pada kegiatan musyawarah tersebut Bupati Asahan H Surya B Sc, Kapolres Asahan AKBP Putu Yudha Prawira SIK MH, Gubernur Sumut yang diwakilkan, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, Kepala Dinas Bina Marga dan Bina konstruksi Provinsi Sumatera Utara, Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera Utara ll, Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Utara dan kepala bpsdm Provinsi Sumatera Utara, Dandim 0208/As Letkol INF. Frenki Susanto SE, Danlanal TBA yang  diwakilkan, Danyon 126/Kc yang diwakilkan.

Kapolres Asahan Bersama Forkopimda Hadiri Musyawarah RKPD Kabupaten Asahan 2023

Kemudian Ketua PN Asahan, Kajari Asahan yang diwakilkan, Wakil Bupati Asahan, Kepala KPAD,  Kepala Bank Sumut, Perpajakan, Kepala BNN, Kepala BPJS, PT.BSP Kisaran, Amik Royal Kisaran, STMIK Royal Kisaran, Para OPD Kabupaten Asahan, Ketua PWI Kabupaten Asahan,  Camat se Kabupaten  Asahan, SIDA (tim inovasi daerah), tokoh agama,  tokoh masyarakat dan pemuda.

 

reporter | Kiki Sitepu

Related posts

Leave a Comment